Properti Rumah di Sawangan

Sawangan, Depok, Jawa Barat

Loading ...

Sawangan

Sawangan merupakan salah satu kecamatan yang berada di kota Depok, Jawa Barat. Secara geografis, kecamatan ini berada persis di sebelah barat kota Depok. Pada bagian utara, ia berbatasan dengan kota Tangerang Selatan dan kecamatan Limo. Pada bagian selatan, ia berbatasan dengan kabupaten Bogor. Pada bagian barat, ia berbatasan kecamatan Bojongsari. Sementara pada bagian timur, berbatasan dengan kecamatan Limo dan kecamatan Pancoran Mas.

Informasi Umum Properti di Sawangan

Kecamatan Sawangan memiliki luas wilayah yang mencapai 25,90 Km2. Dengan luas wilayah sedemikian, kecamatan ini tercatat memiliki total penduduk sebesar 128.905 yang tersebar di 7 kelurahan. Kelurahan tersebut adalah Sawangan, Sawangan Baru, Pengasinan, Cinangka, Kedaung, Bedahan, dan Pasir Putih.

Sebagai salah satu kecamatan di kota Depok, Sawangan juga memiliki pertumbuhan yang cukup signifikan setiap tahunnya. Banyak perumahan dan cluster dengan kualitas baik namun harga yang terjangkau dibangun di kawasan ini untuk memenuhi kebutuhan penghuninya akan hunian yang layak.

Selain perumahan dan cluster dengan harga terjangkau, kecamatan ini juga menawarkan perumahan dan cluster elit dengan kualitas yang tidak kalah dengan kawasan lainnya. Salah satu diantaranya adalah Telaga Golf Sawangan. Cluster ini merupakan proyek hunian eksklusif yang digarap oleh Sinarmas Land. Anda akan menemukan hunian dengan konsep resort serta lingkungan yang asri di cluster ini. Lokasinya juga sangatlah strategis, sehingga penghuni cluster ini dapat dengan mudah mengakses fasilitas yang berada di sekitar cluster.

Bukan hanya Telaga Golf Sawangan, cluster elit lainnya yang berada di Sawangan adalah Citra Lake Sawangan. Cluster ini merupakan perumahan eco culture yang pertama di Sawangan. Di sini, Anda akan menjumpai berbagai fasilitas yang prestisius serta berwawasan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan penghuninya.

Keunggulan Properti di Sawangan

Sebagai salah satu kecamatan yang ada di Depok, Sawangan tentunya memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan kawasan lainnya. Keunggulan inilah yang membuat para developer mengembangkan proyeknya di kawasan ini.

Keunggulan pertama adalah lokasinya yang strategis. Sebagai kota satelit Jakarta, Depok dibangun sebagai kota pemukiman, kota pendidikan, pusat pelayanan perdagangan dan jasa, kota pariwisata, dan sebagai kota resapan air. Seperti kota satelit Jakarta lainnya, Depok juga termasuk sebagai kawasan yang padat penduduk. Hal ini disebabkan bnayk orang yang tinggal di Depok namun bekerja di Jakarta. Dengan demikian, permintaan akan hunian di Depok, tentunya juga di Sawangan, meningkat.

Keunggulan selanjutnya adalah dari segi fasilitas. Sawangan sendiri merupakan salah satu kecamatan yang berada di Depok. Karena banyaknya penduduk yang tinggal di kawasan ini, tentunya akan tersedia beragam fasilitas dan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan penghuni dari kawasan ini. Fasilitas tersebut berasal dari berbagai kategori, mulai dari kesehatan, pendidikan, hunian, bisnis/retail, hiburan dan masih banyak lagi.

Fasilitas (Internal dan Eksternal) di Sawangan

Fasilitas Internal

Sawangan memiliki berbagai apartemen dan cluster perumahan yang menyediakan hunian untuk penghuni kawasan ini. Namun, bukan hanya hunian saja yang tersedia, namun juga fasilitas internal yang dapat Anda nikmati sebagai penghuni dari apartemen dan cluster tersebut.

Pada cluster atau perumahan, fasilitas internal yang dimiliki biasanya meliputi fasilitas olahraga, keamanan, hiburan dan sebagainya. Untuk fasilitas olahraga, Anda akan menemukan banyak cluster dan perumahan memiliki jogging track, bicycle track, lapangan basket, futsal, tenis, gym dan masih banyak lagi. Sementara untuk hiburan, tersedia taman bermain anak, ruang hijau, dan sebagainya. Tidak ketinggalan juga dengan keamanan 24 jam serta one gate system yang dimilikinya.

Sementara fasilitas internal pada apartemen tidak jauh berbeda dengan fasilitas pada cluster. Tujuan keduanya adalah untuk mempermudah kehidupan penghuni mereka. Fasilitas keamanan dan fasilitas olahraga umumnya dimiliki oleh setiap apartemen. Selain itu, tersedia juga berbagai pelayanan, seperti layanan internet, laundry dan sebagainya.

Fasilitas Eksternal

Sawangan tidak hanya memiliki fasilitas internal yang lengkap, namun juga fasilitas eksternal. Karena kota Depok memiliki kepadatan penduduk yang tinggi, tentunya fasilitas umum yang tersedia harus memadai untuk melayani seluruh penghuni kota Depok dan tentunya kawasan Sawangan. Fasilitas eksternal ini juga sangat lengkap, berasal dari berbagai kategori, mulai dari hiburan, pendidikan, kesehatan, bisnis/retail, ekonomi dan masih banyak lagi.

Dari segi kesehatan, kawasan Sawangan menyediakan berbagai fasilitas kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada penghuninya. Di Sawangan itu sendiri, Anda akan menemukan 1 RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah), Rumah sakit Permata Depok, 5 Puskesmas, 5 Puskesmas pembantu, dan 9 klinik swasta.

Selain dari segi kesehatan, fasilitas yang tersedia dari segi pendidikan juga tidak kalah baiknya dibandingkan dengan di kawasan lainnya. Fasilitas pendidikan yang tersedia cukup untuk memenuhi kebutuhan pendidikan penghuni Sawangan, mulai dari masa kanak-kanak hingga SMA. Di kawasan ini, tersedia 21 Taman Kanak-kanak, 50 Sekolah Dasar, 15 Sekolah Menengah Pertama, 7 Sekolah Menengah Umum, 6 Sekolah Menengah Kejuruan, 31 Madrasah Ibtidaiyah, 15 Madrasah Tsanawiyah, 4 Madrasah Aliyah, dan 24 Pondok Pesantren.

Infrastruktur di Sawangan

Kawasan Sawangan tidak hanya menyediakan fasilitas, namun juga infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan penghuninya. Infrastruktur ini bertujuan untuk memberikan warganya kemudahan dalam beraktivitas serta bermobilitas sehari-harinya.

Anda akan dapat bermobilitas dengan mudah melalui jalan-jalan yang telah dibangun di kawasan ini. Selain itu, tersedia juga berbagai angkutan lainnya seperti, angkutan kota, bus, ojek dan sebagainya untuk memenuhi kebutuhan warga Sawangan akan sarana transportasi.

Wisata/Hiburan dekat Sawangan

Jika Anda hendak tinggal di kawasan Sawangan, Anda tidak perlu khawatir untuk memilih destinasi liburan Anda bersama keluarga. Di kawasan ini sendiri, Anda akan menemukan berbagai tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di waktu senggang bersama teman maupun keluarga.

Salah satu tempat wisata di Sawangan adalah Taman Wisata Pasir Putih. Tempat wisata ini berada di kelurahan Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok. Taman Wisata Pasir Putih merupakan wahana permainan air yang diperuntukkan untuk segala usia, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu, Anda juga dapat menemukan fasilitas lainnya yang dapat dinikmati, seperti flying fox, ATV, pemancingan dan taman bermain. Dari berbagai fasilitas yang tersedia, dapat dilihat bahwa tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda kunjungi dengan keluarga.

Selain tempat wisata di atas, ada lagi alternatif tempat wisata yang dapat Anda pilih di Sawangan. Beberapa diantaranya seperti D’Kandang Amazing Farm, Situ Pengasinan Depok, dan lainnya. Dengan banyaknya tempat wisata yang dapat Anda nikmati di sini, jangan sungkan untuk segera memiliki hunian dan tinggal di kawasan Sawangan.