7 Tips Sulap Ruang Kosong Jadi Studio Kreatif atau Studio Mini

Sopian Ahmad15 May 2024

CariProperti - Buat kamu nih yang suka nge-band, foto-foto, atau bikin konten video TikTok wajib punya studio kreatif yang proper.

Jika kalian memiliki studio dengan set dan semua peralatan yang proper, pastinya kualitas karya kamu akan lebih baik dan bisa mendatangkan penonton atau pendengar yang lebih banyak lagi.

Namun, memiliki studio yang layak membutuhkan biaya dan usaha yang besar. Maka tidak jarang, kebanyakan orang memilih untuk menyewa studio.

Padahal, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memiliki studio kreatif yang layak dengan biaya dan usaha yang minim.

Hanya dengan modal ruang kosong di rumah, kalian sudah bisa memiliki studio kreatif pribadi untuk berkarya.

Maka dari itu, berikut adalah tips sulap ruang kosong jadi studio kreatif versi CariProperti.

7 Tips Sulap Ruang Kosong jadi Studio Kreatif

1. Tentukan Area yang Cocok

Tips sulap ruang kosong jadi studio kreatif yang pertama adalah menentukan area yang cocok.

Sebelum memulai memasukan barang atau menata semua perlengkapan, kamu harus menentukan ruangan atau area yang cocok untuk dijadikan studio.

Kamu sebaiknya memilih ruangan yang tidak terlalu menghasilkan gema dan gaung yang banyak serta memiliki penerangan yang baik.

Dengan begitu, kualitas audio dan visual yang akan dihasilkan akan jauh lebih baik.

Adapun ruangan yang dapat kamu jadikan studio seperti, kamar cadangan, loteng, ruang bawah tanah, dan ruangan di bawah tangga.

Baca Juga: 5 Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Low Budget untuk Rumah Anda

2. Pasang Peredam Suara untuk Ruangan

ruang kosong jadi studio kreatif

Selanjutnya, kamu perlu mempertimbangkan untuk memasang peredam suara agar suara yang dihasilkan nanti tidak bergaung atau bergema.

Kamu dapat menggunakan karpet, busa peredam, atau mengkombinasikan keduanya untuk hasil yang lebih maksimal.

Jika kamu menggunakan peredam, dijamin kualitas suara di kontenmu akan lebih joss.

3. Belilah Lighting Tambahan

Nah, buat kamu yang suka fotografi atau bikin konten video di TikTok atau YouTube, memiliki lighting tambahan menjadi sebuah hal yang penting.

Pasalnya, cahaya yang ada di rumah hanya berasal dari satu arah saja dan kurang bisa menjangkau seluruh sudut ruangan.

Maka dari itu, kamu perlu membeli lighting tambahan, seperti light ring dan lampu sorot agar menghasilkan cahaya yang lebih dinamis sehingga gambar kalian tidak terlalu terlihat monoton.

Dengan banyaknya sumber cahaya di studio kalian, gambar yang dihasilkan juga lebih detail karena cahaya bisa menjangkau seluruh sudut ruangan dengan maksimal.

4. Buat Background yang Menarik

Kehadiran background yang lucu, keren, dan estetik menjadi sebuah hal yang sangat penting bagi kamu yang ingin membuat video.

Selain dapat mempercantik video kamu, background ini juga bisa kamu jadikan ciri khas dari kontenmu, dengan begitu banyak orang akan lebih mudah mengenalimu.

Kamu dapat membuat latar belakang atau background sekreatif mungkin dan seindah mungkin sehingga videomu akan terkesan lebih dinamis.

Namun, sebaiknya tetap disesuaikan dengan tema video yang akan dibuat.

5. Tata Seluruh Properti di Posisi yang Sesuai

Selanjutnya kamu perlu untuk menata semua properti yang kamu punya, mulai dari meja, kursi, lighting, hingga sistem audio di posisi yang pas.

Jika kamu suka bermusik atau nge-band, tata alat-alat musikmu di sudut-sudut atau sisi ruangan, serta beri jarak agar tidak terlalu mengganggu orang lain saat dimainkan.

Jika kamu ingin membuat studio foto atau rekaman video, letakan kamera tegak lurus dengan posisi kamu akan direkam. Selanjutnya, letakan lighting di berbagai sisi untuk pencahayaan yang lebih maksimal.

Baca Juga: Ini 7 Tips Memilih Wallpaper Dinding untuk Ruangan Sempit

6. Mulai untuk Mendekorasi Ruangan

Kamu juga sudah bisa memulai untuk mendekorasi ruangan agar terlihat lebih cantik dan sesuai dengan diri kalian.

Studio yang cantik dan nyaman tentu dapat membuat kamu betah berlama-lama serta memberikan kamu inspirasi lebih untuk berkarya.

7. Siapkan Area Penyimpanan

Saat menyulap ruangan kosong di rumah jadi studio kreatif pribadimu, ada satu hal penting yang harus kamu perhatikan, yaitu menyiapkan area penyimpanan atau gudang.

Ketersediaan gudang sangatlah penting untuk menjaga semua perlengkapan studiomu aman.

Selain itu, kamu juga dapat lebih mudah untuk menata semua properti yang ada sehingga studio kreatif pribadimu tetap terlihat rapi.

Sebaiknya kamu menyiapkan gudang yang tidak terlalu jauh dari studiomu agar proses penyimpanan dan pemindahan barang tidak susah dan lama.

Jika kamu memiliki space lebih di studiomu, maka lebih baik untuk menambahkan ruangan khusus gudang di dalam studio.

__________

Itu dia tips menyulap ruang kosong di rumah jadi studio kreatif yang dapat CariProperti berikan untuk kamu si creative heads.

Dengan adanya studio kreatif atau studio mini pribadi di rumah, kamu jadi bisa lebih leluasa dan nyaman untuk mengeksplor kreatifitasmu sehingga dapat menghasilkan karya yang jauh lebih baik, indah, dan pastinya menarik untuk disaksikan atau dengar.

Selain itu, kamu juga dapat menghemat uang lebih banyak karena sudah tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa studio.

Jadi, daripada keluar uang untuk menyewa studio, mendingan beli peralatan untuk membuat karya, ya gak?

Jika kamu suka tips atau informasi menarik mengenai cara memanfaatkan ruang kosong di rumah, inspirasi desain rumah dan kamar, serta informasi lainnya mengenai dunia properti, yuk langsung kunjungi cariproperti/artikel karena ada banyak sekali informasi yang berguna untuk Anda.

Nah, buat kamu, creative heads, yang mau beli rumah dengan banyak ruangan sehingga bisa dijadikan studio kreatif pribadi, cus, langsung cari saja di CariProperti!

CariProperti menawarkan banyak sekali rumah menarik dengan berbagai tipe lantai, mulai dari satu lantai hingga tiga lantai, dengan jumlah ruangan yang memadai.

Jadi, pastinya kamu bisa membuat studio kreatif pribadimu di rumah.

Yuk kunjungi CariProperti sekarang juga!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...