5 Tips Mendesain Rumah Ala Korea yang Cantik dan Minimalis

Admin CariProperti26 Nov 2021

Apakah Anda tertarik untuk mendesain rumah ala Korea? Simak artikel berikut ini.

Korea merupakan nama negara yang tentunya tidak asing di telinga banyak orang. Negara kecil ini berhasil menyebarkan namanya melalui sektor hiburan mereka, mulai dari musik, budaya, film hingga tentunya drama televisinya. Bahkan, baru-baru ini salah satu drama Korea Squid Game yang ditayangkan di Netflix menjadi sangat populer di banyak negara. Dari hal ini, dapat kita lihat betapa besar pengaruh dari sektor hiburan Korea di dunia. 

Berkat kepopuleran musik, film dan drama Korea ini, masyarakat mulai mengenali dan menggemari budaya Korea lainnya. Terutama berkat kepopuleran drama korea, orang-orang dapat melihat gaya hidup, makanan, fashion hingga desain rumah ala Korea. Maka dari itu, tidak mengherankan jika makanan, pakaian dan rumah bergaya Korea diminati banyak orang. 

Saat ini, sudah banyak proyek hunian yang mulai menggunakan konsep rumah bergaya korea. Salah satunya yaitu Cluster Kiyomi yang menerapkan hunian ala Korea Jepang yang modern minimalis. Interior cluster ini mirip seperti rumah-rumah kece di drama Korea lho!

Ada juga Cluster Tasnim Hanok, cluster perumahan unik ala Korea bernuansa Islami. Rumah di cluster ini mengadaptasi rumah Hanok, yaitu rumah tradisional Korea yang seringkali muncul di drama Korea. Rumah tersebut biasanya didominasi dengan kayu, bata dan lainnya untuk memberikan kesan hangat, alami, dan tradisional pada rumah tersebut. 

Rumah gaya Korea diminati  bukan hanya penggemar budaya Korea saja, namun juga masyarakat awam menyukai rumah bergaya Korea. Hal ini dikarenakan rumah bergaya Korea memberikan suasana yang nyaman, praktis, modern, namun tetap sederhana. Lalu, bagaimana cara mendesain rumah menjadi rumah ala Korea? Simak tips-tips berikut ini sebelum mendesain ulang rumah Anda!

1. Warna Interior yang Soft dan Natural

Pemilihan warna interior sangatlah penting ketika kita mendesain rumah. Hal ini dikarenakan warna dapat memberikan suasana tertentu pada ruangan. Tentunya Anda akan merasa lebih nyaman jika kombinasi warna interior rumah Anda serasi dan teratur. 

Sama halnya dengan warna interior rumah ala Korea. Rumah bergaya Korea biasanya didominasi oleh warna-warna yang cenderung soft seperti pastel dan warna netral. Hal ini guna menghasilkan perpaduan warna yang estetik dan enak dipandang. Biasanya warna-warna yang digunakan berupa putih, lilac, coklat, tosca dan masih banyak lagi. 

Namun, hal ini tidak berarti Anda tidak diperbolehkan menggunakan warna-warna terang dan menantang, seperti merah, ungu, hijau dan sebagainya. Dengan kombinasi yang tepat, penggunaan warna terang juga tetap dapat membuat rumah menjadi estetik. Bahkan, juga dapat memberikan suasana baru pada ruangan, serta membuatnya menjadi lebih menarik.

2. Open Plan

Berdasarkan drama-drama Korea yang populer, rumah bergaya Korea biasanya menggunakan konsep open plan. Hal ini dilakukan agar rumah terlihat lebih luas dan bersih. 

Selain agar rumah terlihat lebih luas, penggunaan konsep open space dilakukan karena masyarakat Korea senang duduk lesehan. Dengan menggunakan konsep open plan, maka ruangan tersebut dapat menjadi lebih luas, cukup untuk lesehan sambil berkumpul bersama keluarga. 

3. Desain Minimalis

Selain menghadirkan konsep open plan, drama Korea juga menunjukan kebanyakan rumah ala Korea dengan desain minimalis. Desain minimalis ini memberikan ruangan kesan yang hangat, nyaman, namun tetap praktis dan sederhana. 

Anda juga dapat membatasi jumlah furniture dan dekorasi rumah Anda untuk memberikan kesan minimalis. Furniture dan dekorasi yang tertata rapi akan tentunya akan membuat Anda lebih nyaman untuk tinggal. 

4. Furniture Multifungsi

Seperti yang dikatakan pada poin sebelumnya, membatasi jumlah furnitur dapat memberikan kesan minimalis pada ruangan. Namun, akan sulit jika Anda harus memilih furniture dan perabotan rumah Anda secara terbatas. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan furnitur multifungsi. 

Furnitur multifungsi ini juga kerap kali dapat Anda lihat di drama-drama Korea. Dengan menggunakan furnitur multifungsi, Anda dapat membatasi jumlah furnitur yang Anda perlukan di sebuah ruangan. Dengan demikian, ruangan rumah Anda dapat jauh lebih luas dengan furniture yang multifungsi. Beberapa contohnya yaitu tangga rumah yang juga menjadi laci untuk menyimpan barang, sofa dengan rak buku kecil di bawahnya, dan masih banyak lagi.

5. Penggunaan Kayu

Penggunaan kayu, baik itu untuk dinding dan furniture dapat memberikan suasana yang hangat dan minimalis pada ruangan. Penggunaan aksen kayu yang tepat dapat memberikan ruangan kesan yang natural, namun tetap estetik. 

---

Demikian 5 tips mendesain rumah menjadi rumah ala Korea. Aspek-aspek di atas, jika dilihat secara individu, mungkin tidak memberikan dampak besar pada ruangan. Namun, jika digabungkan, kombinasi dari seluruhnya akan memberikan Anda rumah ala Korea yang estetik, namun tetap nyaman dan praktis untuk ditinggali. 

Bagi Anda yang tidak ingin repot mendesain ulang rumah Anda, Anda tidak perlu khawatir. Sampai saat ini, sudah banyak proyek perumahan dan cluster yang mengusung konsep rumah ala Korea. Silahkan kunjungi situs CariProperti.com untuk menemukan rumah ala Korea impian Anda!

Baca juga : 7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Artikel Lainnya

24 Nov 2021

6 Cara Membeli Rumah Tanpa dan Bebas Riba

Akhir-akhir ini, membeli rumah tanpa riba menjadi tren yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mayoritas dari warga Indonesia adalah muslim.  Selain karena sesuai ajaran Islam membeli rumah tanpa riba juga...

24 Nov 2021

12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

Memiliki rumah sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Selain karena bisa terbebas dari biaya kontrak/sewa, rumah yang sudah dimiliki juga bisa menjadi investasi hingga masa tua. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah setiap tahunnya kian melam...

24 Nov 2021

5 Cara Beli Rumah dengan KPR Dijamin Langsung Diterima

Rumah merupakan salah satu kebutuhan yang diinginkan hampir setiap orang. Sebagai tempat tinggal, rumah tentunya menjadi prioritas untuk dimiliki. Namun setiap tahunnya, harga rumah terus melambung tinggi. Untuk itu, Anda bisa mencoba metode KPR agar...