6 Perbedaan Cluster dan Perumahan Residence

Admin CariProperti30 Aug 2024

Memiliki rumah bisa dikatakan merupakan impian banyak orang. Tetapi, memiliki rumah bukanlah hal yang mudah, karena uang yang terlibat bukanlah sedikit. Selain itu, hampir setiap tahunnya harga properti kian tinggi. Namun, hal ini tidak mencegah banyak orang untuk tetap memiliki rumah.

Sebelum membeli rumah, banyak pertimbangan matang dan perencanaan yang dibuat. Namun, sebelumnya Anda harus mengetahui dulu berbagai istilh dan informasi seputar bidang jual beli properti ini. Sebagai contohnya yaitu cluster dan perumahan/residence. 

Apa itu cluster dan perumahan/residence? Bagaimana cara kita membedakannya? Berikut merupakan beberapa perbedaan dari cluster dan perumahan/residence.

Perbedaan Cluster dan Perumahan

1. Konsep

Cluster dan perumahan memiliki konsep yang sedikit berbeda. 

Cluster merupakan perumahan yang dibangun di suatu lingkungan dengan desain rumah yang serupa. Selain itu, jarak antar rumah di dalam cluster tidak dibatasi dengan pagar, namun hanya dengan tembok beton berukuran pendek. 

Perumahan biasanya mengusung konsep desain yang sederhana dan minimalis dengan ukuran dan tipe rumah yang seragam. Letak rumah dalam perumahan juga berdampingan dari satu rumah dengan rumah lainnya dalam beberapa blok atau satu kompleks yang sama.

2. Letak

Selain memiliki konsep yang berbeda, letak cluster dan perumahan juga berbeda satu sama lain. 

Cluster biasanya terletak di kawasan perkotaan yang lingkungannya sudah hidup dan ramai, ataupun kawasan yang khusus dijadikan permukiman. Sedangkan, perumahan biasanya terletak di kawasan sub-urban atau pinggiran kota.

3. Jumlah Rumah

Karena lokasi cluster dan perumahan berbeda, tentunya jumlah rumah yang tersedia juga berbeda. 

Rumah yang tersedia di dalam sebuah cluster biasanya lebih banyak daripada rumah di perumahan. Jumlah rumah di dalam sebuah cluster dapat berkisar dari puluhan hingga ratusan rumah.

4. Suasana

Cluster itu sendiri mengusung konsep terbuka atau open space, yaitu rumah yang tersedia tidak dikelilingi dengan pagar. Antara satu rumah dengan yang lainnya hanya dibatasi dengan tembok beton pendek. 

Selain itu, seluruh kawasan cluster dikelilingi oleh tembok tinggi dan biasanya hanya memiliki 1 gerbang masuk saja (one-gate system). Pintunya juga diawasi dengan petugas selama 24 jam, sehingga keamanan cluster sangat terjaga.

Sedangkan, perumahan memiliki suasana yang asri dan sedikit polusi karena lokasinya yang berada di pinggiran kota. Lokasinya yang jauh dari pusat kota dan sedikitnya jumlah rumah dalam satu perumahan juga membuat suasana perumahan lebih tenang daripada cluster.

5. Fasilitas

Cluster biasanya memiliki konsep desain modern, sehingga cluster biasanya dilengkapi dengan smart home system dan berbagai fitur canggih lainnya yang dapat memudahkan kehidupan penghuninya. Keamanan cluster juga lebih terjaga dengan adanya CCTV dan petugas keamanan selama 24 jam.

Sedangkan, perumahan memiliki konsep yang sederhana, sehingga fasilitas yang tersedia di dalam perumahan biasanya hanya merupakan fasilitas umum. Fasilitas umum tersebut dapat berupa pos keamanan, tempat ibadah, taman bermain untuk anak-anak, dan sebagainya.

6. Harga

Dengan berbagai fasilitas, teknologi dan lokasi dari cluster tersebut, tentunya harga rumah cluster lebih mahal daripada rumah di perumahan. Cluster dapat dikatakan sebagai perumahan eksklusif dengan keamanan dan fasilitas yang disediakannya. 

Sedangkan, perumahan yang biasanya lebih sederhana memiliki harga yang lebih terjangkau dan murah daripada cluster. Namun, biasanya harga ini juga dipengaruhi dengan bahan baku pembangunan rumah tersebut dan fasilitas yang tersedia.

---

Secara keseluruhan, fasilitas, keamanan dan lokasi dari cluster lebih baik daripada perumahan. Namun, dengan lokasi dan fasilitas yang baik, harga jual rumah di dalam cluster juga lebih mahal daripada perumahan. 

Rekomendasi Cluster Perumahan Berkualitas

1. Cluster Yuthica BSD City

rekomendasi cluster bsd

Cluster Yuchita merupakan perumahan eksklusif dengan harga terjangkau di BSD City. Dengan desain modern minimalis yang unik, Cluster Yuchita hanya menawarkan sekitar 90 unit. Lokasinya strategis, berada di CBD BSD City, dekat dengan akses tol yang memungkinkan perjalanan ke Bandara Soekarno-Hatta dalam 30 menit.

Selain itu, Cluster Yuchita dikelilingi fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan (Teras Kota, AEON Mall), rumah sakit (Eka Hospital), dan institusi pendidikan (Universitas Prasetya Mulya), sehingga memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi Anda setiap harinya.

2. Freja Chic BSD City

Rekomendasi selanjutnya adalah Cluster Freja Chic BSD City. Cluster ini menawarkan unit rumah 2 lantai dengan desain modern dan full furnished, ideal bagi generasi milenial. Berlokasi strategis dekat gerbang tol AEON BSD, cluster ini juga dekat dengan berbagai fasilitas seperti AEON Mall, Unika Atma Jaya, dan perkantoran di BSD.

Setiap unit dilengkapi dengan smart door lock, lighting, dan CCTV, memastikan keamanan dan kenyamanan. Freja Chic juga menawarkan akses mudah ke berbagai pusat perbelanjaan, universitas, dan fasilitas kesehatan, menjadikannya pilihan ideal untuk tempat tinggal yang modern dan praktis.

3. Cluster New Carrillo Residence

Jika Anda mencari cluster berkualitas di kawasan Gading Serpong, New Carrillo Gading Serpong bisa menjadi pilihan uang tepat. Cluster ini didominasi oleh tipe hoek dengan ukuran 6x12, 7x12, dan 8x12, cocok bagi Anda yang mencari rumah dengan area yang lega. Fasilitasnya meliputi kolam renang, lapangan basket, dan jogging track, serta akses mudah ke fasilitas di Gading Serpong, seperti Summarecon Mall Serpong, Bethsaida Hospital, dan pintu tol Jakarta-Merak.

4. Cluster Mozart Gading Serpong

Cari rumah mewah di Gading Serpong? Cluster Mozart bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Setiap unit Mozar dilengkapi dengan Smart Home System, Private Lift, dan Solar Panel. Selain itu,iInnercourt yang luas memungkinkan Anda untuk menambah taman atau kolam renang pribadi.

Berlokasi strategis dekat Summarecon Mall dan Scientia Garden, Mozart menawarkan fasilitas lengkap, termasuk Clubhouse, taman bermain anak, dan area hijau Symponia. Dengan keamanan 24 jam, Town Management System, dan Double Solar Panel, cluster ini ideal untuk hunian jangka panjang yang mewah dan nyaman.

5. The Terrac Ayodhya Garden

Rekomendasi cluster terakhir adalah The Terrace at Ayodhya Garden yang merupakan cluster perumahan terbaru dari Alam Sutera. Cluster ini mengusung desain modern tropis yang efisien dan dilengkapi dengan Smart Door Lock untuk keamanan maksimal.

Berlokasi strategis di Alam Sutera, lokasinya hanya 2 menit dari RSUD Kota Tangerang, 7 menit dari Tangcity Mall, dan 12 menit dari Stasiun KRL Tangerang. The Terrace at Ayodhya Garden adalah pilihan ideal bagi Anda yang mencari hunian modern dengan lingkungan hijau di kawasan premium. 

__

Demikian merupakan beberapa perbedaan antara cluster dan perumahan serta rekomendasi cluster perumahan yang dapat menjadi pilihan untuk Anda. Penjelasan di atas diharapkan dapat membantu Anda memilih hunian.

Mau cari rumah baru di BSD CityAlam Sutera, Gading Serpong atau Summarecon Bandung? Kunjungi Cari Properti yang menyediakan lebih dari 500+ cluster terbaru dengan promo tanpa DP dan konsultasi BI Checking Gratis.

Artikel Lainnya

26 Jan 2023

Penting! Pahami Biaya IPL Perumahan Sebelum Cari Hunian

Memiliki rumah di perumahan mungkin menjadi impian bagi beberapa orang. Dengan penataan rumah yang lebih rapi, serta pengelolaan yang jelas, perumahan tentu dapat dijadikan pilihan dalam mencari hunian. Fasilitas yang diberikan pun memadai untuk menu...

12 Aug 2022

Inilah Biaya AJB Rumah Baru Jika Anda Ingin Membeli Rumah

Sudahkah Anda mempunyai keinginan untuk membeli rumah baru? simak artikel berikut ini agar Anda tahu salah satu syarat dan biaya AJB rumah baru. Salah satu dokumen penting untuk membeli rumah baru ialah Akta Jual Beli atau yang biasa disingkat denga...

14 Nov 2022

Apa Itu ROI Bisnis Properti? Pahami Dulu Sebelum Investasi

Bagi anda yang terjun ke dunia bisnis properti, anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah ROI. Namun, beberapa mungkin masih bertanya-tanya, apa itu ROI? Dan bagaimana fungsinya dalam bisnis properti?   Pengertian dan Cara Hitung ROI ROI...