Waspada! Ciri-ciri Developer Bodong yang Harus Diwaspadai

Riana10 Dec 2023

Memiliki rumah sendiri merupakan impian semua orang saat ini, namun seiring tingginya permintaan rumah maka semakin banyak juga oknum yang memanfaatkan hal ini. Oknum ini dikenal dengan developer bodong yang menggunakan berbagai cara untuk menarik perhatian masyarakat.

Developer bodong umumnya kerap ditemui jika kalian mencari rumah murah yang menawarkan harga jauh dibawah pasaran. Selain harganya yang murah, para developer bodong juga akan menjanjikan berbagai keuntungan dan promo agar kalian tertarik melakukan akad rumah dengan mereka.

Lantas bagaimana cara menghindari agar tidak tertipu dengan berbagai tipu daya para developer bodong? Sebenarnya cara membedakan developer bodong dengan yang terpercaya cukup mudah, kalian bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini.

 

Ciri - Ciri Developer Bodong

Harga Rumah Sangat Murah

ciri ciri developer bodong
(Sumber : Freepik)

Jika kalian menemukan rumah baru di area perumahan namun dibanderol dengan harga yang sangat murah kalian harus mencurigai perumahan tersebut. Langkah pertama yang harus kalian lakukan Jika menemukan hal ini adalah mencari harga pasar tertinggi dan terendah di sekitar kawasan tersebut.

Dengan mengetahui harga pasaran di sekitar kawasan tersebut maka kalian secara tidak langsung bisa menilai apakah harga properti tersebut masuk akal atau tidak. Namun meskipun harga properti yang ditawarkan cukup masuk akal, kalian tetap harus curiga dan tetap mengecek beberapa ciri developer bodong lainnya.

 

Kredibilitas Developer Meragukan


(Sumber : fastcompany.com)

Salah satu langkah paling tepat jika kalian ragu dengan sebuah pengembang properti adalah mencari tau tentang developer tersebut. Sebuah developer yang terpercaya umumnya akan memiliki beberapa projek yang berhasil baik dalam skala besar maupun skala kecil.

Kalian bisa mencari tahu info mengenai developer tersebut secara online maupun secara offline dengan berbagai cara. Cara mengetahui kredibilitas developer paling cepat dan mudah dengan mencari nama developer tersebut di google atau mengunjungi website resmi milik perusahaan.

 

Tidak Terdaftar di Asosiasi Perumahan

ciri ciri developer bodong
(Sumber : Freepik)

Selain mengecek kredibilitas kalian juga bisa melakukan pengecekan apakah developer tersebut terdaftar sebagai anggota asosiasi perumahan. Jika developer tersebut tidak terdaftar, sebaiknya kalian mencurigai atau menanyakan mengapa belum bergabung dengan asosiasi tersebut.

Bila jawaban dari developer mencurigakan dan bahkan seakan enggan menjawab kalian harus mencurigai developer tersebut. Beberapa asosiasi perumahan yang ada di Indonesia seperti Real Estate Indonesia (REI), Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI), Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (HIMPPERA), dan Asosiasi Pengembang Rumah Sederhana Sehat Nasional (APERNAS).

 

Bandingkan Brosur Dengan Ucapan Sales


(Sumber : Freepik)

Setiap perusahaan akan menyediakan brosur produk dan memiliki sales khusus yang akan menerangkan informasi terkait rumah tersebut. Cara lain mengenali ciri ciri developer bodong adalah membandingkan apa yang ada di brosur dengan ucapan sales.

Jika kalian menemukan kejanggalan seperti banyak hal di brosur yang tidak sesuai dengan ucapan sales maka kalian harus mencurigai developer tersebut. Sebaiknya kalian hindari membeli rumah dari developer yang memiliki ciri ini agar terhindari dari developer bodong.

 

Baca juga: 12 Cara Beli Rumah Agar Tidak Tertipu Pengembang Nakal

 

Menawarkan Secara Memaksa


(Sumber : Pinterest)

Apakah kalian pernah menemui sales atau penjual rumah yang menawarkan properti dengan kesan memaksa? Jika iya sebaiknya kalian patut waspada dengan orang tersebut. Umumnya developer bodong akan segera meminta DP (down payment), atau booking fee sesegera mungkin.

OJK menjelaskan menegaskan jika jangan pernah memberikan uang muka kepada pihak developer sebelum pinjaman disetujui oleh pihak bank. Alasannya adalah jika tidak ada jaminan atau bukti jika pihak bank akan menyetujui KPR rumah yang kalian ajukan.

 

Rekening Atas Nama Perorangan

ciri ciri developer bodong
(Sumber : Freepik)

Sebagai sebuah perusahaan developer seharusnya memiliki sebuah rekening atas nama perusahaan yang digunakan untuk berbagai transaksi. Jika kalian menemukan developer atau sales yang langsung menawarkan melakukan transaksi melalui rekening pribadi kalian harus mencarinya.

Meskipun hal ini bisa dan mungkin saja terjadi karena beberapa hal, melakukan pembayaran melalui rekening pribadi cukup berbahaya dan akan merugikan kalian sebagai konsumen. Oleh sebab itu sebaiknya jika terdapat kendala dengan rekening perusahaan, sebaiknya kalian menunggu dan tidak langsung mengirimkan dana ke rekening pribadi.

 

Cek Surat-Surat


(Sumber : Freepik)

Ciri ciri developer bodong yang lainnya adalah enggan menunjukan surat atau memiliki surat namun tidak dapat dibuktikan keasliannya. Sebuah developer perumahan harus memiliki beberapa dokumen sebelum membangun kawasan hunain di suatu lokasi tertentu.

Umumnya surat yang paling dasar harus dimiliki oleh developer adalah surat kepemilikan tanah atau surat izin membangun bangunan. Bila developer tidak dapat menunjukan dokumen penting tersebut kalian patut mencurigai pengembang tersebut karena termasuk dalam ciri ciri developer bodong.

 

Cek Progres di Lapangan

ciri ciri developer bodong
(Sumber : Freepik)

Cara terakhir jika kalian ingin mengetahui ciri ciri developer bodong adalah dengan melakukan pengecekan lahan tempat perumahan akan berdiri. Developer umumnya akan membuat beberapa rumah terlebih dahulu sebagai rumah contoh atau dijadikan sebagai pembangunan tahap awal.

Jika saat kalian mengunjungi lokasi perumahan tersebut namun tidak terlihat progres pembangunan sebaiknya kalian mencurigai developer tersebut. Meskipun belum dilakukan pembangunan sebuah perumahan umumnya telah memiliki beberapa spanduk atau pengenal yang berupa nama dan foto rumah yang akan dibangun.

 

Diatas merupakan beberapa ciri ciri developer bodong yang wajib kalian perhatikan jika hendak membeli rumah terlebih dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran. Cara paling aman menghindari developer bodong adalah dengan membeli rumah dari developer atau pengembang yang telah terpercaya.

Cara lain yang bisa kalian lakukan untuk terhindari dari developer bodong adalah dengan membeli rumah melalui website Cari Properti. Kalian bisa dengan mudah mengakses Cari Properti untuk menemukan banyak pilihan rumah di berbagai lokasi strategis yang ada di Indonesia.

Jika Terdapat pertanyaan mengenai konten ini atau seputar rumah terbaik yang ditawarkan developer terpercaya, silakan hubungi Cari Properti. Temukan rumah impian kalian di seluruh Indonesia dengan aman, murah, dan mudah hanya di Cari properti.

Artikel Lainnya

16 Sep 2022

10 Rumah BSD Dekat AEON Mall

AEON Mall BSD merupakan salah satu pusat perbelanjaan paling hits di BSD. Selain karena fasilitasnya lengkap, mall ini juga menyediakan berbagai spot foto bernuansa Jepang yang menjadi favorit para pengunjung. Maka, tak heran jika banyak orang yang m...

12 Dec 2023

9 Rekomendasi Rumah Elit di Gading Serpong

Gading Serpong merupakan salah satu kawasan Tangerang yang sangat strategis. Kawasan ini memiliki berbagai fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, sekolah, universitas, pasar modern, hotel, rumah sakit, lapangan olahraga, lapangan golf, hingga...

24 Aug 2023

9 Perumahan Dekat IKEA Alam Sutera

IKEA Alam Sutera merupakan salah satu toko peralatan rumah terlengkap di kawasan Tangerang. Produk yang dijual pun sangat bervariasi, mulai dari perabot dan aksesoris kamar, ruang tamu, kamar mandi, taman, dan lain sebagainya. Keberadaan toko selengk...