7 Inspirasi Desain Cafe Mini Depan Rumah yang Nyaman dan Homey

Sopian Ahmad19 Feb 2024

Rumah umumnya digunakan untuk tempat tinggal dan istirahat setelah melakukan pekerjaan yang berat seharian. Namun seiring pekermbangan zaman, kini banyak rumah yang dijadikan sebagai tempat usaha terutama cafe dengan konsep yang menarik.

Sejak beberapa tahun silam cafe menjadi tempat favorit bagi semua kalangan untuk melepas penat higga berkumpul bersama orang terdekat. Seiring perkembangannya, cafe kini memiliki berbagai tema dan fungsi yang disesuaikan agar para pelanggannya nyaman.

Pasca pandemi covid-19 yang terjadi beberapa tahun lalu, banyak cafe yang memiliki konsep co-working atau dibuat nyaman untuk bekerja. Selain cafe berkonsep co-working, salah satu konsep cafe yang banyak dibuat adalah cafe berkonsep homey.

Untuk meningkatkan kesan homie, banyak cafe yang akhirnya memanfaatkan halaman rumah bahkan rumah tua yang diatur sedemikian rupa agar memiliki kesan seperti di rumah. Selain itu, cafe dengan konsep homie ini umumnya berlokasi di tempat yang tidak strategis dan cenderung berada jauh dari jalan besar.

Jika kalian memiliki halaman rumah yang luas dan tak terpakai, kalian bisa membuat cafe dengan konsep homie. Beberapa kafe dengan konsep ini bahkan memiliki lokasi di dalam gang dan hanya memiliki tempat duduk dan meja yang terbatas.

Kalian bisa mulai dengan membuat konsep yang nyaman dan tempat yang bersih agar pengunjung betah dan merasa nyaman. Berikut merupakan 7 inspirasi desain cafe mini depan rumah yang bisa kalian tiru jika ingin membuat cafe di area rumah.

Baca Juga: 17 Inspirasi Desain Teras Rumah Minimalis yang Super Cantik

Inspirasi Desain Cafe Mini Depan Rumah

1. Gaya Desain Cafe Minimalis

Inspirasi desain cafe mini depan rumah yang pertama adalah cafe dengan konsep minimalis. Cafe dengan konsep minimalis sangatlah cocok kalian terapkan untuk lahan yang tak terlalu luas dan juga tidak menghabiskan banyak uang.

Kalian bisa meletakan beberapa meja dan juga kursi pada area cafe serta kalian bisa membuat sebuah ruangan untuk tempat kasir da juga pembuatan makanan dan minuman. Hal yang harus kalian perhatikan jika ingin mengaplikasikan konsep ini adalah kebersihan dan pemanfaatan ruang yang benar.

Pemilihan ornamen dan perpaduan warna akan sangat berpengaruh pada cafe yang kalian buat. Sebaiknya kalian hindari nuansa nomoton yang gelap, kalian bisa memanfaatkan warna netral dengan peletakan pencahayaan yang baik.

2. Gaya Desain Cafe Alam

Apakah kalian memiliki halaman rumah yang ditumbuhi banyak tanaman? Konsep cafe yang satu ini sangatlah cocok kalian terapkan. Dengan memanfaatkan lokasi dan tanaman yang sudah ada kalian hanya perlu membersihkannya dan menambahkan beberapa pelengkap seperti meja dan kursi.

Cafe dengan konsep alam ini sangat cocok untuk rumah yang memiliki halaman luas dan juga bersih agar terhindar dari serangga pengganggu. Untuk menambah kesan alaminya, kalian bisa meletakan beberapa lampu di dekat tanaman dan juga menggunakan berbagai ornamen kayu.

Meskipun terdengar mudah dan nyaman, cafe dengan konsep alam memiliki kelemahan pada perubahan iklim dan membuat orangnya menjadi cepat rusak. Sebaiknya kalian perhatikan pemilihan material dan juga perawatan pada ornamen yang ada.

3. Gaya Desain Cafe Rooftop

Jika kalian ingin membuat desain cafe mini depan rumah namun hanya memiliki sedikit lahan kalian bisa loh membuatnya di rooftop. Dengan membuat cafe yang terhubung dengan rooftop kalian akan memiliki lahan lebih dan juga daya tarik tersendiri.

Selain itu, kalian bisa memadukan dua konsep cafe karena cafe terpisah menjadi 2 area yaitu rooftop dan halaman rumah. Namun jika kalian ingin membuat cafe dengan konsep ini, sebaiknya kalian memiliki pemandangan rumah yang menarik seperti menghadap jalan atau pemandangan sebuah taman dan kebun.

Sebelum kalian membuat cafe dengan konsep seperti ini sebaiknya kalian menyiapkan dana yang besar karena membuat rooftop akan menghabiskan banyak biaya. Selain itu kalian harus memperhatikan izin karena jika membuat cafe dengan konsep rooftop di area perumahan yang padat akan mengganggu warga sekitar.

4. Gaya Desain Cafe Retro

Apakah kalian memiliki rumah dengan model klasik dan retro? Kalian bisa memanfaatkannya menjadi sebuah cafe yang unik. Konsep retro sendiri saat ini sedang banyak digemari oleh semua kalangan dan memiliki pasarnya sendiri.

Dengan memanfaatkan peluang yang ada kalian bisa membuat cafe di halaman rumah yang menarik banyak orang. Perpaduan alam dan konsep retro akan menghasilkan tempat yang memiliki kesan nyaman dan damai meskipun dilahan yang kecil.

Hal yang sebaiknya kalian perhatikan jika berniat membuat cafe dengan konsep ini adalah ornamen yang digunakan dan budget yang kalian siapkan. Seperti yang diketahui jika harga barang antik cukup mahal namun akan mudah rusak jika tak dirawat dengan benar

5. Gaya Desain Cafe Container

Inspirasi desain cafe mini depan rumah yang selanjutnya adalah cafe yang memanfaatkan container sebagai sebuah ruangan. Jika kalian memiliki sebuah halaman yang luas kalian bisa meletakan container sebagai sebuah ruangan kasir atau membuat makanan dan minuman.

Konsep berjualan dengan container ini umumnya kalian temukan pada area umum seperti minimarket dan pinggir jalan. Namun, kalian bisa memanfaatkan container ini sebagai sebuah ciri khas dari cafe yang kalian miliki di rumah.

Untuk pelengkap kalian bisa meletakan beberapa kursi dan meja dari besi agar senada dengan container yang ada. Namun, sebaiknya kalian memberi perhatian khusus pada bagian container jika berada di area yang lembab agar tak mudah berkarat.

6. Gaya Desain Cafe Kekinian

Membuat cafe dengan konsep kekinian sangat mungkin untuk diaplikasikan karena kalian hanya perlu menyesuaikan dengan trend yang ada. Konsep kekinian merupakan sebuah konsep yang terus mengikuti perkembangan zaman dan ketertarikan masyarakat.

Untuk membuat cafe dengan konsep ini, kalian hanya perlu menyiapkan sebuah tembok yang dihias dengan cantik agar menarik konsumen. Untuk meja dan kursi kalian bisa menggunakan model minimalis baik dari bahan besi maupun kayu.

Jika kalian berniat membuat cafe dengan konsep ini kalian harus bersikap adaptif an terus menyesuaikan keinginan pasar agar para konsumen tak cepat bosan. Kalian bisa mengganti konsep cafe ini setiap 1 atau 2 tahun sekali agar cafe selalu terasa fresh dan tidak membosankan.

Baca Juga: 5 Ide Desain Sulap Teras Jadi Ruang Tamu, Minimalis Tapi Cozy

7. Gaya Desain Cafe Pribadi

Jika kalian gemar membuat minuman namun tak ingin rumah kalian ramai kalian bisa membuat cafe pribadi. Kalian bisa memanfaatkan cafe tersebut dengan berjualan makanan dan minuman secara online di berbagai layanan yang telah tersedia.

Konsep cafe pribadi ini tentunya akan membutuhkan dana yang lebih sedikit dibandingkan cafe umum karena kalian tak harus menyiapkan banyak kursi dan meja. Namun, yang perlu kalian perhatikan jika berniat membuat cafe dengan konsep ini adalah lokasinya yang harus strategis agar mudah dicari orang.

Selain itu kalian harus menyiapkan berbagai menu yang otentik agar pelanggan mengingat dan kembali membeli di cafe kalian. Menu yang sebaiknya kalian jual adalah minuman dan makanan ringan dengan harga yang bersaing dan rasa yang otentik.

Diatas merupakan 7 inspirasi desain cafe mini depan rumah yang bisa kalian terapkan jika ingin membuka usaha cafe dari rumah. Hal terpenting yang sebaiknya kalian perhatikan jika ingin membuka cafe dari rumah adalah kebersihan dan juga rasa yang otentik agar cafe kalian ramai.

Jika terdapat pertanyaan, tanggapan, atau masukan silakan menulis di kolom komentar dan kami akan dengan senang hati membacanya. Jika kalian mencari hunian yang nyaman, kalian bisa mengunjungi website Cari Properti dan dapatkan penawaran properti baru yang nyaman dan aman.

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...