Inilah Perbedaan IMB dan IPB Lengkap Yang wajib kamu Tahu!

Rizkyanto24 Mar 2023

Kamu ingin mendirikan sebuah bangunan baik itu untuk dijadikan tempat tinggal ataupun menjadi bangunan tempat usaha? Jika iya sebaiknya kamu harus tahu terlebih dahulu perbedaan IMB dan IPB itu apa ya!

Izin mendirikan bangunan atau (IMB) serta izin penggunaan bangunan (IPB) memang tidak dapat dipisahkan ketika kamu membangun sebuah bangunan lho.

Namun sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan IMB dan IPB ini serta perbedaannya?

Berikut penjelasan terkait IMB dan juga IPB supaya kamu lebih paham dan mengerti ketika hendak membangun atau mendirikan suatu bangunan.

Perbedaan IMB dan IPB

Pengertian Izin mendirikan bangunan (IMB)

Pada dasarnya ketika kamu mendirikan sebuah bangunan kamu memerlukan dokumen atau surat IMB ini ya.

Dikutip dari Detik.com izin mendirikan bangunan (IMB) adalah sebuah surat izin yang diperlukan bagi seseorang yang ingin mendirikan, menambah atau bahkan mengubah suatu bangunan. 

Nah dokumen IMB ini akan dikeluarkan oleh PEMDA, untuk jangka waktu penyelesaian IMB adalah 40 hari.

Ada beberapa syarat terkait dokumen IMB ini seperti garis bangunan, keadaaan bangunan, jarak, luas, tinggi bangunan, ukuran ruang, dan yang terakhir dilihat juga terkait pencahayaan dan sirkulasi udara yang masuk nantinya.

Ketika membangun sebuah bangunan pastikan kamu mempunyai dokumen IMB ini ya, karena dokumen atau surat IMB ini juga mempunyai beberapa fungsi yang sangat penting lho.

Fungsi IMB

Izin mendirikan bangunan (IMB) ini mempunyai beberapa fungsi yang sangat penting seperti : 

  • Menjadi perlindungan hukum

Sebenarnya dengan adanya IMB ini bisa menjadi perlindungan hukum yang kuat lho karena IMB sendiri merupakan langkah pemerintah untuk menciptakan tata ruang dan letak bangunan yang aman serta nyaman sesuai dengan tujuan dibangunanya sebuah bangunan.

Nah dengan begitu ketika kamu mendirikan sebuah bangunan, bangunan tersebut tidak akan mengganggu kepentingan dan keperluan orang lain.

  • Harga jual rumah bisa meningkat

Fungsi berikutnya dari IMB ini adalah dengan adanya IMB bisa meningkatkan harga jual properti yang kamu bangun lho.

Karena bangunan yang telah mempunyai surat izin mendirikan bangunan pasti akan memiliki nilai jual lebih tinggi jika dibandingkan dengan bangunan yang tidak memiliki surat IMB.

Mengapa bisa begitu? karena seperti fungsi nomor satu di atas IMB bisa menjadi perlindungan hukum yang kuat dan juga maksimal.

  • Bisa menjadi jaminan agunan untuk pinjaman bank

Berikutnya dengan adanya surat IMB ini ternyata juga bisa berguna lho untuk kamu mengajukan kredit dengan agunan ke bank.

Agunan sendiri adalah salah satu bentuk kredit pinjaman dana namun kamu harus memberikan jaminan atau agunan, nah salah satu jaminan yang bisa kamu berikan adalah rumah.

Namun perlu diingat ya jika ingin menjadikan rumah sebagai jaminan pastikan rumah kamu ada surat IMB nya jika tidak mempunyai surat tersebut maka pengajuan kredit dengan agunan kamu tidak akan diterima oleh bank.

  • Bisa mempermudah jual, beli maupun sewa rumah

IMB ini ternyata sangat penting, karena sangat diperlukan ketika kamu mau menjual, beli atau sewa rumah.

Karena jika kamu pemilik rumah namun tidak memiliki surat IMB, kamu bisa dikenakan denda 10% dari nilai bangunan bahkan rumah kamu bisa dirobohkan lho.

  • Menjadi persyaratan wajib jika ingin mengubah HGB menjadi SHM

Perlu diingat juga ya rumah dengan status hak guna bangunan (HGB) ternyata memiliki status hukum yang lebih rendah jika dibandingkan dengan rumah yang sudah memiliki status sertifikat hak milik (SHM).

Nah untuk mengubah status dari HGB menjadi SHM, dokumen atau surat IMB ini sangatlah diperlukan, karena jika tidak ada surat IMB kamu tidak bisa mengubah status kepemilikan rumah.

Perbedaan IMB dan IPB

Pengertian Izin Penggunaan Bangunan (IPB)

Kalau tadi IMB hanya untuk izin mendirikan bangunan saja, selanjutnya kamu perlu surat IPB untuk bangunan kamu, karena izin penggunaan bangunan (IPB) adalah surat keterangan bahwa pemilik dapat diizinkan untuk menggunakan bangunan tersebut.

Nah dari pengertian IMB serta IPB saja sudah terdapat perbedaan yakni jika kamu hanya memiliki surat IMB kamu hanya bisa membangun atau merombak bangunan saja tanpa bisa ditempati dan jika kamu ingin menempati bangunan tersebut sebagai tempat tinggal maupun tempat usaha kamu perlu surat IPB ini.

Jadi sebenarnya kedua dokumen ini antara IMB dan juga IPB tidak dapat dapat dipisahkan satu sama lain. Perlu diingat juga IPB ini berlaku 10 tahun untuk tempat tinggal dan 5 tahun untuk tempat usaha.

Fungsi IPB 

Izin penggunaan bangunan (IPB) juga memiliki beberapa fungsi lho diantaranya:

  • Bisa menggunakan properti yang sudah kamu bangun

Seperti yang sudah disebutkan pada pengertian IPB diatas jika kamu mempunyai surat IPB ini kamu dapat diizinkan untuk menggunakan properti yang sudah dibangun, hal ini akan sangat menguntungkan jika kamu membangun bangunan dari awal yang memang untuk dijadikan tempat tinggal maupun tempat usaha.

  • Sangat berguna untuk bisnis kamu

Membangun tempat bisnis seperti mall, ruko, maupun gedung perkantoran sangat memerlukan surat IPB ini supaya bisa dipakai dan bisa dioperasikan untuk bisnis kamu.

  • bisa lebih meningkatkan harga jual atau sewa bangunan

Kalau tadi fungsi dari IMB juga bisa meningkatkan harga jual, nah dengan adanya surat IPB ini juga bisa lebih meningkatkan harga jual lho, karena properti yang dibangun tidak hanya sekedar bangunan saja tetapi bisa digunakan maka harga jual ataupun sewanya bisa menjadi lebih tinggi.

----------

Nah itu dia tadi pengertian, perbedaan IMB dan IPB serta lengkap dengan fungsi kedua surat tersebut. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu terkait kamus properti dan kamu bisa menjadi lebih paham lagi jika ingin membangun sebuah bangunan ya!

Jika kamu masih bingung dalam mencari properti yang nyaman untuk dihuni maupun untuk dijadikan tempat bisnis kamu bisa banget lho cek di Cariproperti karena disana terdapat puluhan properti yang pastinya dengan kualitas terbaik!

Artikel Lainnya

04 Apr 2024

6 Perbedaan Cluster dan Perumahan Residence

Memiliki rumah bisa dikatakan merupakan impian banyak orang. Tetapi, memiliki rumah bukanlah hal yang mudah, karena uang yang terlibat bukanlah sedikit. Selain itu, hampir setiap tahunnya harga properti kian tinggi. Namun, hal ini tidak mencegah bany...

26 Jan 2023

Penting! Pahami Biaya IPL Perumahan Sebelum Cari Hunian

Memiliki rumah di perumahan mungkin menjadi impian bagi beberapa orang. Dengan penataan rumah yang lebih rapi, serta pengelolaan yang jelas, perumahan tentu dapat dijadikan pilihan dalam mencari hunian. Fasilitas yang diberikan pun memadai untuk menu...

12 Aug 2022

Inilah Biaya AJB Rumah Baru Jika Anda Ingin Membeli Rumah

Sudahkah Anda mempunyai keinginan untuk membeli rumah baru? simak artikel berikut ini agar Anda tahu salah satu syarat dan biaya AJB rumah baru. Salah satu dokumen penting untuk membeli rumah baru ialah Akta Jual Beli atau yang biasa disingkat denga...