Pengertian Rumah Tumbuh, Tips Membangun, Hingga Rekomendasi

Nadia23 Aug 2023

Apakah Anda berencana untuk membangun rumah tumbuh? Simak artikel berikut.

Pengertian Rumah Tumbuh

Rumah tumbuh atau growing house merupakan salah satu konsep rumah yang sangat diminati di Indonesia. Rumah tumbuh dapat dipahami sebagai proses membangun rumah secara bertahap. Biasanya, sistem ini dilakukan karena kondisi biaya yang terbatas untuk membangun rumah sekaligus. Konsep ini juga sering diterapkan oleh pasangan yang baru menikah dan belum membutuhkan banyak ruangan.

Pembangunan rumah tumbuh dapat diterapkan dalam dua konsep, yaitu rumah tumbuh secara vertikal maupun horizontal. Konsep rumah tumbuh secara vertikal sangat cocok untuk Anda yang memiliki lahan terbatas, karena pembangunan rumah akan dilanjutkan dengan cara tumbuh ke atas atau bertingkat. Biasanya rumah tumbuh secara vertikal dilakukan dengan menambah ruangan tambahan pada bagian atas rumah. Ruangan tambahan dan jumlah lantai dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemilik rumah. 

Sedangkan rumah tumbuh secara horizontal merupakan konsep yang cocok untuk Anda yang memiliki rumah dengan lahan yang luas. Misalnya Anda memiliki tanah seluas 150 m2, namun Anda hanya memiliki dana untuk membangun rumah seluas 60 m2, makan Anda dapat memaksimalkan budget tersebut dan melakukan perluasan rumah ketika sudah memiliki dana yang memadai. 

Kelebihan Rumah Tumbuh

Ketika membangun rumah tumbuh, terdapat berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Rumah tumbuh memiliki sifat yang lebih fleksibel dibandingkan dengan membangun rumah secara sekaligus. Dalam proses pembangunnya, rancangan rumah tumbuh dapat menyesuaikan seiring dengan berjalannya waktu. 

Misalnya ketika awalnya Anda berencana untuk membangun kamar tidur, namun seiring berjalannya waktu Anda lebih membutuhkan ruangan untuk bekerja, maka rencana rumah tumbuh dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, interior desain rumah tumbuh juga dapat disesuaikan sesuai dengan model desain interior terkini mengingat pembangunan rumah tumbuh berkelanjutan. Kelebihan lain dari rumah tumbuh adalah memungkinkan Anda untuk membangun rumah secara bertahap, sehingga bisa menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Tips Membangun Rumah Tumbuh

Untuk membangun rumah tumbuh, terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut : 

1. Rencanakan pembangunan sejak awal

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah merencanakan pembangunan rumah tumbuh sejak awal pembangunan. Anda harus memiliki gambaran rencana bentuk bangunan rumah di masa yang akan datang. Misalnya, jika Anda berencana menambah jumlah lantai, Anda harus membuat pondasi yang kuat sebelum membangun rumah.

Begitu juga dengan konsep rumah tumbuh horizontal. Jika Anda berencana untuk menambah ruangan di masa yang akan datang, sebaiknya Anda membeli tanah dengan luas yang cukup lebar untuk persiapan menambah ruangan. 

2. Membuat rancangan tata letak rumah

Selain merencanakan pembangunan, penting bagi Anda untuk membuat rancangan tata letak rumah. Hal ini bertujuan agar Anda memiliki gambaran terkait interior serta jumlah ruangan pada rumah. Dalam membuat rancangan tata letak, perhatikan ukuran luas tanah serta luas setiap ruangannya. Jika dibutuhkan, Anda juga bisa meminta bantuan profesional untuk membuat rancangan tata letak rumah yang tepat.

3. Persiapkan anggaran secara matang 

Persiapan anggaran merupakan salah satu hal penting dalam membangun rumah tumbuh. Anda harus menyiapkan berbagai anggaran, mulai dari biaya untuk membangun rumah atau membeli rumah, biaya perawatan bangunan, serta biaya untuk persiapan membangun rumah secara bertahap. Persiapkan juga biaya lainnya untuk kebutuhan tidak terduga.

4. Pilih material bangunan dengan bijak

Ketika membangun rumah tumbuh, usahakan untuk memilih bahan material bangunan yang berkualitas. Hal ini bertujuan agar kualitas bangunan tetap bertahan dalam jangka waktu panjang. Selain itu, Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan bangunan rumah, seperti menambah ruangan daripada merenovasi bangunan yang sudah ada sebelumnya. 

Tak hanya material yang berkualitas, kualitas konstruksi bangunan juga perlu diperhatikan dalam mengembangkan rumah tumbuh. Usahakan untuk memperhatikan detail bangunan rumah dalam proses pembangunan agar rumah yang Anda bangun sesuai dengan keinginan. 

5. Perhatikan kebutuhan keluarga

Jangan lupa untuk memperhatikan kebutuhan keluarga ketika sedang membangun rumah tumbuh. Sesuaikan jumlah ruangan sesuai dengan kebutuhan, misalnya jika Anda memiliki anak, Anda perlu mempertimbangkan untuk membuat kamar untuk setiap anak. Pertimbangkan juga luas ruang keluarga agar nyaman ditempati bersama keluarga. 

Rekomendasi Rumah Tumbuh

Jika Anda tertarik untuk membeli rumah tumbuh yang dibangun oleh developer berkualitas, berikut beberapa rekomendasi rumah tumbuh untuk Anda. 

Hanalei @Citra Sentul Raya

Rekomendasi pertama untuk rumah tumbuh yang berkualitas adalah Cluster Hanalei @Citra Sentul Raya. Cluster ini berlokasi di kawasan Sentul Bogor yang dekat dari akses tol dan dikelilingi berbagai fasilitas. 

Hanalei @Citra Sentul Raya mengadaptasi konsep rumah tumbuh dengan desain modern minimalis. Setiap unitnya menyediakan space di halaman belakang yang dapat dikembangkan menjadi ruang tambahan. Tak hanya itu, unit Hanalei @Citra Sentul Raya juga dilengkapi dengan inner courtyard yang membuat pencahayaan alami di dalam ruangan lebih maksimal.

Uluwatu @Citra Maja Raya

Rekomendasi selanjutnya adalah Cluster Uluwatu @Citra Maja Raya yang berlokasi dekat stasiun KRL di kawasan Maja. Cluster ini dibangun dengan konsep rumah modern yang menyediakan space lahan untuk ruangan tambahan. Menariknya lagi, cluster ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas internal yang memadai, mulai dari sportsclub, eco park, serta sistem keamanan 24 jam. Harga setiap unitnya juga sangat terjangkau, sehingga sangat cocok untuk Anda yang baru pertama kali membeli rumah.

Samaasta Bekasi

Samaasta Bekasi merupakan salah satu cluster perumahan Bekasi dengan konsep rumah tumbuh, sehingga sangat memungkinkan untuk Anda membangun ruangan tambahan. Setiap unitnya didesain dengan konsep flexy home yang menjadikan unit rumah sangat nyaman ditempati. Tak hanya itu, fasilitas yang tersedia di area cluster juga sangat lengkap, mulai dari clubhouse, lapangan basket, taman bermain anak, serta sistem keamanan 24 jam lengkap dengan One Gate System dan CCTV.

__

Itulah penjelasan lengkap mengenai rumah tumbuh lengkap dengan rekomendasi cluster. Tertarik untuk membeli rumah tumbuh? Kunjungi Cari Properti yang menyediakan pilihan unit rumah tumbuh dengan kualitas terbaik. 

Artikel Lainnya

04 Apr 2024

6 Perbedaan Cluster dan Perumahan Residence

Memiliki rumah bisa dikatakan merupakan impian banyak orang. Tetapi, memiliki rumah bukanlah hal yang mudah, karena uang yang terlibat bukanlah sedikit. Selain itu, hampir setiap tahunnya harga properti kian tinggi. Namun, hal ini tidak mencegah bany...

26 Jan 2023

Penting! Pahami Biaya IPL Perumahan Sebelum Cari Hunian

Memiliki rumah di perumahan mungkin menjadi impian bagi beberapa orang. Dengan penataan rumah yang lebih rapi, serta pengelolaan yang jelas, perumahan tentu dapat dijadikan pilihan dalam mencari hunian. Fasilitas yang diberikan pun memadai untuk menu...

12 Aug 2022

Inilah Biaya AJB Rumah Baru Jika Anda Ingin Membeli Rumah

Sudahkah Anda mempunyai keinginan untuk membeli rumah baru? simak artikel berikut ini agar Anda tahu salah satu syarat dan biaya AJB rumah baru. Salah satu dokumen penting untuk membeli rumah baru ialah Akta Jual Beli atau yang biasa disingkat denga...