Apa Itu Kitchen Island? Simak Pengertian dan 10 Desainnya

Riana22 May 2023

Jika Anda sering menonton inspirasi desain interior rumah, tips menata rumah, atau bahkan film-film barat, Anda mungkin pernah melihat dapur dengan meja besar di tengah-tengahnya yang terpisah dari kitchen set. Nah, meja besar inilah yang disebut sebagai kitchen island.

Apa itu kitchen island? Dan kitchen island seperti apa yang cocok untuk dapur Anda? Simak penjelasan berikut!

Apa Itu Kitchen Island?

Kitchen island adalah kabinet atau countertop yang terletak di tengah-tengah dapur Anda dan dapat diakses dari berbagai sisi. Biasanya, kitchen island dibangun satu set dengan kitchen set Anda. Karena itulah, kebanyakan kitchen island memiliki desain yang sama dengan keseluruhan kitchen set.

Komponen dapur ini pertama diperkenalkan dari Eropa. Maka, tak heran jika kitchen island banyak ditemukan di rumah-rumah barat. Namun, kini rumah modern di Indonesia pun sudah banyak yang menggunakan kitchen island.

Untuk Anda yang hobi memasak, keberadaan kitchen island tentu akan sangat membantu. Kitchen island tidak hanya sekedar menjadi meja tambahan di dapur untuk meletakkan hidangan saja, tetapi bisa juga sebagai tempat Anda menyiapkan makanan, memasak, hingga menyimpan peralatan dapur.

Beberapa kitchen island bahkan dapat juga digunakan sebagai alternatif meja makan. Ini dapat diterapkan jika Anda memiliki dapur dengan ruang yang lebih terbatas.

Selain fungsional, kitchen island juga memberikan nilai estetika tersendiri untuk dapur Anda. Karena letaknya di tengah-tengah, kitchen island menjadi focal point yang membuat dapur Anda terlihat semakin menarik. Jadi, jika Anda menginginkan dapur yang aesthetic, Anda bisa memasang kitchen island.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Kitchen Island

Kitchen island memang menyimpan berbagai kelebihan. Namun, kitchen island bukan komponen penting yang harus ada di dapur Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih kitchen island.

1. Ukuran dapur

Hal paling penting yang perlu Anda perhatikan adalah ukuran dapur. Kitchen island harus dapat diakses dari semua sisinya. Maka dari itu, Anda tidak hanya harus mempertimbangkan ukuran kitchen island, tetapi juga ukuran dapur agar ruang di sekitar kitchen island tidak terasa sempit.

2. Material yang digunakan

Material kitchen island yang akan Anda gunakan juga tak kalah penting. Terlebih apabila Anda akan menambahkan wastafel atau kompor karena tentunya Anda akan menginginkan material yang lebih kuat dan tahan air. Jika kitchen island Anda dibangun terpisah dari kitchen set, Anda dapat memilih material yang kurang lebih sama dengan kitchen set yang sudah ada.

3. Fungsi kitchen island

Kitchen island memang dapat memiliki fungsi yang bermacam-macam. Beberapa kitchen island hanya dijadikan sebagai countertop tambahan. Terdapat juga kitchen island yang dijadikan sebagai kabinet penyimpan peralatan dapur. Lain pula jika Anda ingin menggunakan kitchen island sebagai tempat duduk.

Jenis kitchen island yang Anda pilih dapat bergantung pada fungsi yang ingin Anda dapatkan. Jadi, sebelum membuat kitchen island, pastikan terlebih dahulu apa kitchen island seperti apa yang Anda inginkan.

 

Anda mungkin juga suka: 6 Cara Menata Dapur Sempit Agar Terlihat Luas dan Rapi

 

Jenis dan Inspirasi Desain Kitchen Island

1. Kitchen Island dengan Kabinet

Apa Itu Kitchen Island 1
(Sumber: catbesi.com)

Kitchen island yang digunakan sebagai kabinet merupakan salah satu jenis yang paling banyak ditemukan. Kitchen island ini merangkap fungsi sebagai kabinet tambahan di dapur untuk menyimpan berbagai peralatan masak dan peralatan makan. Semakin besar kabinet yang Anda inginkan, maka semakin besar pula kitchen island yang perlu Anda buat. Karena itu, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa kitchen island jenis ini muat untuk diletakkan di dapur Anda.

 

2. Kitchen Island sebagai Tempat Duduk


(Sumber: unsplash.com)

Selain menjadi kabinet, meletakkan beberapa barstools untuk kitchen island juga tidak kalah populer. Kitchen island ini dapat berfungsi sebagai tempat duduk ketika menyambut tamu atau sekedar tempat bersantai sambil menikmati makanan ringan.

 

3. Kitchen Island bentuk Meja

Apa Itu Kitchen Island 3
(Sumber: unsplash.com)

Jenis kitchen island ini memang mirip dengan poin sebelumnya. Keduanya memiliki tempat duduk. Namun, tidak seperti poin sebelumnya, kitchen island ini lebih eksklusif untuk fungsi sebagai tempat meletakkan makanan dan tempat duduk saja.

Kitchen island yang berbentuk seperti meja tidak dapat memiliki kabinet untuk menyimpan peralatan dapur. Namun, jenis ini dapat menjadi pilihan untuk Anda dengan dapur berukuran kecil. Jenis kitchen island ini dapat Anda jadikan sebagai alternatif meja makan. Anda pun jadi bisa lebih menghemat tempat.

 

4. Kitchen Island Multifungsi


(Sumber: homesandgardens.com)

Tidak hanya sebagai tempat duduk atau tempat meletakkan hidangan makanan, Anda juga bisa memasang wastafel, kompor, hingga oven pada kitchen island. Kitchen island dengan jenis ini sangat cocok untuk Anda yang gemar memasak.

Anda tetap dapat meletakkan beberapa barstools untuk kitchen island jenis ini. Namun, perlu perhatikan posisi di mana Anda meletakkannya. Jangan letakkan terlalu dekat dengan kompor agar tidak membahayakan diri Anda sendiri atau keluarga.

 

5. Kitchen Island sebagai Meja Bar yang Panjang

Apa Itu Kitchen Island 5
(Sumber: homesandgardens.com)

Anda memiliki keluarga dengan anggota yang banyak? Atau sering mengundang teman-teman Anda ke rumah? Jenis kitchen island mungkin tepat untuk Anda.

Tidak perlu khawatir teman dan kerabat Anda kekurangan tempat duduk saat berkunjung ke rumah karena kitchen island ini memiliki ukuran yang panjang, sehingga Anda dapat meletakkan tempat duduk lebih banyak.

 

Baca juga: 9 Furniture Rumah Minimalis ini Bisa Bikin Ruangan Lebih Lega

 

6. Kitchen Island dengan Rak Terbuka


(Sumber: homesandgardens.com)

Pada umumnya, peralatan dapur untuk memasak ataupun alat makan diletakkan pada kabinet tertutup. Namun, memiliki rak terbuka pun tidak ada salahnya. Memasang rak terbuka pada kitchen island dapat memberikan nilai estetika tersendiri. Karena letaknya di tengah dapur, rak terbuka ini pun seakan-akan menjadi display di mana Anda dapat meletakkan peralatan masak dengan desain yang unik atau warna yang cantik.

 

7. Kitchen Island dengan Bentuk Melengkung

Apa Itu Kitchen Island 7
(Sumber: conceptinteriorsltd.co.uk)

Siapa bilang kitchen island harus berbentuk kotak atau persegi panjang? Ungkapkan kreativitas Anda dan buat kitchen island dengan bentuk yang Anda yang inginkan. Kitchen island dengan bentuk countertop yang melengkung dapat membuat dapur Anda terlihat unik. Tanpa mengurangi fungsinya, kitchen island dengan desain ini memiliki nilai estetika yang berbeda. Namun, pastikan juga ruang di dapur Anda cukup untuk memiliki desain kitchen island ini.

 

8. Kitchen Island dengan Material yang Unik


(Sumber: homesandgardens.com)

Kayu merupakan salah satu material untuk kitchen island yang paling banyak digunakan. Beberapa orang juga menggunakan material logam untuk kitchen island yang lebih kuat.

Pilihan material kitchen island tidak terbatas di situ saja. Anda bisa menggunakan apapun untuk membuat kitchen island asalkan materialnya cukup kuat. Material seperti beton juga bisa Anda gunakan untuk memberikan nilai estetika yang berbeda. Padukan dengan countertop bermotif dari marmer, kitchen island Anda akan terlihat lebih minimalis dan elegan.

 

9. Kitchen Island yang Terhubung dengan Meja Makan

Apa Itu Kitchen Island 9
(Sumber: homesandgardens.com)

Meja makan biasanya akan terpisah dari dapur. Jika Anda ingin menghemat ruang di rumah, desain kitchen island ini bisa Anda coba. Uniknya, yang terhubung dengan kitchen island bukan meja makan, melainkan sofa sebagai tempat duduk Anda. Namun, desain kitchen island ini kurang cocok untuk ukuran dapur yang terlalu kecil. Budget yang perlu Anda siapkan juga tentunya lebih banyak dari kitchen island biasanya.

 

10. Kitchen Island Bentuk Ambalan


(Sumber: homesandgardens.com)

Bosan dengan bentuk kitchen island yang begitu-begitu saja? Coba berkreasi dengan bentuk kitchen island ini!

Jika pada umumnya tempat duduk diletakkan pada sisi-sisi kitchen island saja, desain ini menambahkan meja kayu di samping kitchen island. Meja ini dipasang dengan besi yang menghubungkan meja dengan bagian bawah countertop.

Karena besi yang menopang terletak di bawah permukaan, maka meja pun terlihat seperti ambalan yang melayang. Selain unik, Anda juga lebih leluasa untuk menggunakan countertop kitchen island tanpa harus membagi tempat dengan keluarga Anda yang sedang duduk.

—

Memiliki dapur idaman memang menjadi hal yang penting–terlebih jika Anda yang gemar memasak. Keberadaan kitchen island tentu akan memudahkan kegiatan Anda di dapur.

Setelah memahami lebih baik tentang apa itu kitchen island, mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan saat membuatnya, serta jenis dan desainnya, memilih kitchen island seperti apa yang cocok untuk dapur Anda tentu jadi lebih mudah.

Anda sedang cari rumah dengan kitchen island atau dapur yang besar? CariProperti bisa bantu untuk menemukan rumah idaman Anda! CariProperti memiliki ribuan pilihan rumah di berbagai kota di Indonesia. Temukan rumah ideal Anda dengan mengunjungi website resmi CariProperti!

Artikel Lainnya

25 Jan 2022

7 Rumah BSD Gaya Jepang yang Minimalis dan Modern

Rumah bergaya Jepang saat ini menjadi hunian yang sangat diminati, terutama oleh generasi millenial. Alasan hunian ini kian digandrungi adalah interiornya yang minimalis. Biasanya, rumah berdesain Jepang memadukan warna netral yang membuat hunian ter...

07 Jul 2022

6 Trend Desain Rumah Baru 2022, Mana yang Favorit Anda?

Memiliki rumah sesuai selera menjadi kunci dari kenyamanan untuk selalu betah di rumah. Apalagi dengan keadaan saat ini yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH). Suasana rumah yang nyaman memang nyatanya dapat mendukun...

16 Nov 2022

5 Tempat Nongkrong Hits di BSD Ini Surganya Kaum Milennial

Anda sedang ingin bersantai? Mencari tempat dengan suasana yang nyaman untuk meninggalkan sejenak urusan di hari kerja? Akan selalu ada saatnya Anda merasa lelah dengan rutinitas Anda yang biasa, jadi Anda harus melepas lelah meski hanya sebentar saj...